Translate

Rabu, 06 Agustus 2014

(Bab 16) APA YANG DITULIS YESUS DI TANAH?

16
APA YANG DITULIS YESUS DI TANAH?
Perempuan yang berbuat zinah
Yohanes 8:1-11

((1)   tetapi Yesus pergi ke bukit Zaitun.
((2)   Pagi-pagi benar Ia berada lagi di Bait Allah, dan seluruh rakyat datang kepada-Nya. Ia duduk dan mengajar mereka.

((3)   Maka ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi membawa kepada-Nya seorang perempuan yang kedapatan berbuat zinah. Mereka menempatkan perempuan itu di tengah-tengah

((4)   lalu berkata kepada Yesus: "Rabi, perempuan ini tertangkap basah ketika ia sedang berbuat zinah.

((5)   Musa dalam hukum Taurat memerintahkan kita untuk melempari perempuan-perempuan yang demikian. Apakah pendapat-Mu tentang hal itu?"

((6)   Mereka mengatakan hal itu untuk mencobai Dia, supaya mereka memperoleh sesuatu untuk menyalahkan-Nya. Tetapi Yesus membungkuk lalu menulis dengan jari-Nya di tanah.

Tetapi Yesus membungkuk lalu menulis dengan jari-Nya di tanah.
Apa yang ditulis dengan jari-Nya di tanah ?

Hanya ada satu Pembuat hukum dan Hakim, yaitu Dia yang berkuasa menyelamatkan dan membinasakan. Tetapi siapakah engkau, sehingga engkau mau menghakimi sesamamu manusia?  Yakobus 4:12


Siapakah kamu, sehingga kamu menghakimi hamba orang lain? Entahkah ia berdiri, entahkah ia jatuh, itu adalah urusan tuannya sendiri. Tetapi ia akan tetap berdiri, karena Tuhan berkuasa menjaga dia terus berdiri. Roma 14:4

((7)   Dan ketika mereka terus-menerus bertanya kepada-Nya, Ia pun bangkit berdiri lalu berkata kepada mereka: "Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu."
((8)   Lalu Ia membungkuk pula dan menulis di tanah. 

Lalu Ia membungkuk pula dan menulis di tanah. Apa pula yang ditulis  diatas tanah ?

Karena itu, hai manusia, siapapun juga engkau, yang menghakimi orang lain, engkau sendiri tidak bebas dari salah. Sebab, dalam menghakimi orang lain, engkau menghakimi dirimu sendiri, karena engkau yang menghakimi orang lain, melakukan hal-hal yang sama.
Roma 2:1

Tetapi engkau, mengapakah engkau menghakimi saudaramu? Atau mengapakah engkau menghina saudaramu? Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Allah.
Roma 14:10

((9)   Tetapi setelah mereka mendengar perkataan itu, pergilah mereka seorang demi seorang, mulai dari yang tertua. Akhirnya tinggallah Yesus seorang diri dengan perempuan itu yang tetap di tempatnya.

Ooh..! Ternyata semua orang merasa dirinya adalah orang berdosa?  Padahal mereka adalah para ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi,  yang taat menjalani segala perintah Hukum Taurat dan segala ketentuannya.
 Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah, Roma 3:23

Oleh karena itu, bersyukurlah bagi orang-orang  yang telah bertobat dan percaya kepada-Nya, dan yang  telah menerima Dia sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadinya.

Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah; Ia , yang telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh.1 Petrus 3: 18

Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan karena iman, dan bukan karena melakukan Hukum Taurat. Roma 3: 28

((10)   Lalu Yesus bangkit berdiri dan berkata kepadanya: "Hai perempuan, di manakah mereka? Tidak adakah seorang yang menghukum engkau?"
((11)   Jawabnya: "Tidak ada, Tuhan." Lalu kata Yesus: "Aku pun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang."

Lalu, apakah  perempuan yang kedapatan berbuat zinah itu, beroleh pemgampunan ?  Ya, perempuan itu telah beroleh pengampunan.  Ooh…mengapa hal itu dapat terjadi ?
Pertama, karena perempuan itu percaya kepada Yesus yang akan menyelamatkannya, terbukti perempuan itu tidak berusaha membela diri atau berbantah-batahan, ia diam dan berserah diri.

Kedua,  perempuan itu, bersandar dan berlindung kepada Yesus, sebab ia tahu siapa Yesus sebenarnya, terbukti perempuan itu menyebut-Nya,” Tuhan”.  

Ketiga, bukti bahwa perempuan itu telah beroleh pengampunan:  Lalu kata Yesus: "Aku pun tidak menghukum engkau.

Keempat, Bukti bahwa perempuan itu telah beroleh pengampunan. kata Yesus: Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang."

Kelima, apabila perempuan itu belum beroleh pengampunan, tentu Yesus Kristus tidak akan berkata: Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang." Tetapi Yesus akan berkata kepada perempuan itu: Bertobatlah! supaya dosamu dihapuskan.


" Lalu kata Yesus:
"Aku pun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang."

3 komentar:

  1. Tapi saya tidak melihat esensi apa yg ditulis Yesus,betbagai tafsiran mencoba menafsirkan tapu tidak menjamin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Shalom. Lihat di web ladder if jacobnya Ben Burton ada artikel yang judulnya " Naso : the Secret of the Sotah " dan artikel" lain yang bahas topik dr Alkitab. Bahasa Inggris sih.

      Hapus
  2. Tidak langsung menuju apa yang sebenarnya di tulis ditanah....

    BalasHapus